CEO buka lapak

CEO Bukalapak: Kesuksesan Bukan Milik Mereka yang Sibuk Pacaran Saja. Di Masa Muda, Kamu Harus Mencoba Semua!

Masa kuliah jadi salah satu momen paling menentukan dalam kehidupan seseorang. Bagaimana tidak, dalam masa ini kita dibentuk jadi pribadi dewasa yang siap menanggung berbagai konsekuensi. Otak yang terisi dengan berbagai teori menjadikan kita lebih sensitif dan berhati-hati.

Pentingnya masa kuliah juga diamini oleh Achmad Zaky, CEO Bukalapak yang kini sukses mengembangkan Bukalapak sebagai salah satu startup terbaik di Indonesia.

Dalam rangka persiapan menuju Hipwee Inspirational Summit 2015 — di mana Zaky akan jadi salah satu pembicara — Hipwee mempublikasikan kembali wawancara dengan Zaky berikut ini. Penasaran apa inspirasi yang bisa Zaky bagi?

“Saya ini cuma anak Sragen ndeso yang diterima di ITB. Awalnya sih minder, isinya orang kota semua, pakai bahasa Indonesia, dan kelihatan pintar. Tapi saya malah gregetan. Ingin rasanya menaklukkan ITB!”

Sebagai anak Sragen yang ndeso, ada hasrat besar Zaky untuk menaklukkan ITB (Dokumen Pribadi Zaky)

Datang dari kota kecil di Jawa Tengah, Zaky merasakan perbedaan budaya yang besar ketika pertama kali masuk ke Jurusan Teknik Informatika ITB. Jika di Jawa Tengah kultur budayanya lekat dengan sikap merendah dan memendam perasaan, kultur di ITB Bandung membuatnya harus beradaptasi dengan kebiasaan outspoken dalam mengemukakan pendapat.

“Bukan cuma soal perbedaan budaya saja sih. Saya juga sempat minder karena ITB kan isinya orang-orang pinter, ambisius, PD pula. Berbeda sekali dengan kultur di Jawa yang kalem dan malu-malu. Alon-alon asal kelakon lah. Tapi ini justru jadi semangat saya. Saya pasti bisa! Pikir saya saat itu.“
Kegigihan Zaky dalam urusan kuliah dibuktikannya dengan berhasil meraih IPK sempurna 4,0 di semester pertama. Ketakutan bahwa perbedaan budaya akan menghambat langkah dibuktikan salah. Zaky benar-benar memanfaatkan waktu untuk membaca, mengulang materi kuliah, serta mendatangi kakak angkatan setiap ada materi yang dirasa belum dikuasai.

“Kalau dipikir gila juga saya belajar waktu itu, bisa seminggu sebelum ujian persiapannya. Maklum saya ga pinter-pinter amat. Saya cuma percaya, saya pasti bisa!” katanya.

Berani mencoba apa saja jadi sifat yang membentuk Zaky lebih tangguh sebagai manusia. Berbagai pengalaman yang didapat dari sana juga diakui membuat mata lebih terbuka.

Di ITB nilai bagus saja tak cukup keren (Dokumen Pribadi Zaky)

“Di ITB itu nilai bagus aja gak cukup keren. Karena itu saya juga menceburkan diri di berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk menambah pengalaman.”
Definisi “berbagai kegiatan” yang Zaky maksud tidaklah main-main. Dari semester dua Zaky sudah bergabung di unit kemahasiswaan yang isinya mahasiswa geek namanya Amateur Radio Club (ARC), sebuah club yang dulu didirikan oleh Onno W Purbo. Di sanalah Zaky mendapatkan pengalaman nyata mengoprek (membongkar – red) komputer, jaringan, dan sejenisnya.

Dari sinilah Zaky bisa mendapatkan uang pertama kali dari keahliannya, Ia menciptakan software quickcount untuk sebuah stasiun televisi yang cuma dihargai1,5 juta rupiah saja! Dari keahliannya ini pula lah Zaky sering mengikuti berbagai kompetisi Informatika sehingga mendapatkan juara di beberapa kompetisi.

Bukan cuma kegiatan yang berhubungan dengan bidang studinya di Teknik Informatika, Zaky bahkan mengikuti kegiatan yang sekilas sama sekali tidak bersinggungan langsung dengan jurusan kuliahnya.

Bahkan Zaky menjajal ikut Menwa selama masih jadi mahasiswa via yon1.unit.itb.ac.id

“Selain ikut unit yang berbau geek, saya juga ikut BEM, kemudian yang paling parah ikut Menwa (Resimen Mahasiswa) yang proses trainingnya berjalan selama 21 hari. Jalan 70 km, harus survival, bawa tas pasir berat, masih menenteng 10 kg senjata. Gila lah! Mau mati rasanya. Tapi bisa melewati semua itu rasanya lifetime achievement banget.”
Namun diakui Zaky, semua pengalaman yang sudah pernah dicoba membuka mata bahwa ada dunia yang lebih luas yang harus dicoba di luar sana.

“Selain pengalaman, ikut kegiatan juga membuat kita dapat banyak teman. Percayalah, teman yang ngerjain tugas bareng, susah bareng, tidur bareng, atau seneng-seneng bareng di kampus nanti akan sangat membantu di masa depan. Banyak teman saya dulu waktu di kampus yang membantu sama-sama membesarkan Bukalapak sekarang, pendiri Bukalapak semua teman waktu di kampus ITB”.

Buat Zaky, keberuntungan hanya menghampiri mereka yang mempersiapkan. Proses panjang yang sudah dilalui membuatnya siap saat kesempatan datang

Kelemahan Zaky dalam Bahasa Inggris justru mengantarkan Zaky ke AS (Dokumen Pribadi Zaky)

Meski sudah berhasil diterima di ITB, ke-ndeso-an Zaky tetap tercermin dalam kekurangannya menguasai Bahasa Inggris. Skor TOEFL Zaky semasa kuliah hanya 430, cukup jauh dari standar skor TOEFL yang biasanya diatas angka 500.

“Biasalah, kalau orang Jawa di ITB biasanya memang Inggrisnya kacau. haha. Maklumlah kami harus menguasai dua bahasa, Jawa dengan berbagai tingkatannya dan Indonesia. Bahkan seingat saya, saya termasuk tiga terbawah di kelas Informatika waktu itu” Imbuhnya.

Menyadari kelemahannya ini, Zaky pun memutar otak agar bisa menambal kekurangan.

“Suatu hari saya sedang melakukan kegiatan bersama teman-teman BEM, saya liat pengumuman ada beasiswa dari Pemerintah AS yang targetnya adalah untuk orang-orang yang gak bisa Bahasa Inggris. Gila banget beasiswa ini kupikir. Mana ada beasiswa yang gak mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris? 100% beasiswa itu biasanya TOEFLnya harus di atas 550. Tanpa pikir panjang saya langsung cari info dan mendaftar.”
Berbeda dengan kita yang sering hanya ingin saja tapi tidak dibarengi usaha nyata, Zaky kembali menunjukkan kegigihannya. Ia mendatangi alumni program tersebut, menanyakan apa yang harus ia siapkan agar bisa diterima.

“Beruntung sekali saya, karena keaktifan berorganisasi menjadi poin penting dalam penilaian beasiswa ini. Saya diterima dalam program beasiswa tersebut dan berangkat untuk mengikuti program ke Amerika selama 2 bulan. Saya senang sekali dapet beasiswa ini, orang tua saya sampe nangis, mungkin beliau berpikir ni anak dari kecil momoknya bahasa inggris, sudah ga mungkin ke luar negeri lah! Haha. Dari sini saya tahu bahwa semua harus dilalui dengan persiapan. Saya beruntung sekali karena saya siap. Gak ada sesuatu yang datang dengan gratis”.
Pengalaman membaur di tengah native speaker Amerika Serikat selama 2 bulan menumbuhkan kepercayaan diri Zaky. Dari situ ia sadar bahwa penutur asli pun masih membuat kesalahan pada penggunaan bahasa dan grammarnya.

“Saya pikir bilang I’m fine thank you itu yang benar, ternyata itu ga dipake di Amerika! Ini membuat saya jadi pede kalau ngomong Inggris setelah itu. Ternyata ga sekaku itu Bahasa Inggris. Salah grammar itu rapopo!” candanya.

Perjuangan mencapai kesuksesan tidak ubahnya seperti memperjuangkan perasaan. Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran. Jadikan penolakan sebagai pembuktian diri. Kamu pasti bisa!

Kegagalan pasti datang. Tapi kamu lebih kuat. Kamu pasti bisa! via bukalapak.com

Bukan berarti kegagalan tidak pernah menghampiri Zaky. Zaky pernah membuka usaha kuliner mie ayam waktu kuliah yang akhirnya bangkrut.

“Waktu itu kami keracunan virus entrepreneurship, pas ngumpul sama teman-teman tiba-tiba kepikiran dan pengen bikin warung mie. Uang saya dari lomba habis semua kesedot kesitu karena bangkrut. Takut dan trauma rasanya waktu itu, tapi saya berpikir ini seperti sekolah, mahal sekali biayanya, saya yakin ada pelajaran berharga”.
Setelah lulus kuliah, keyakinan Zaky untuk mulai menjajaki usaha di bidang e-commerce juga sempat dipertanyakan,

“Beberapa bulan setelah lulus, saya kepikiran bikin Bukalapak sebagai sebuah ecommerce jual beli yang aman buat siapapun. Saya hanya percaya masa depan Indonesia ada di internet. Meski saat itu pengguna internet masih sedikit sekali, dan masih menggunakan warnet dan lab untuk akses internet saya tetap percaya kalau bisnis ini bisa sukses.

Saya cerita ke teman-teman tidak ada yang percaya dengan ide ini. Mereka memilih bekerja di perusahaan yang sudah mapan. Hampir sebagian besar menolak untuk bergabung. Banyak juga yang menertawakan bahwa bisnis internet itu ga nyata. Akhirnya ada satu teman yang percaya! Sampai saat ini saya juga masih bingung kenapa dia bisa percaya sama saya waktu itu. Dialah co-founder dan CTO Bukalapak sampai saat ini”

“Walau banyak yang tidak percaya, kami berdua fokus mengembangkan Bukalapak secara diam-diam. Alhamdulilah kerja keras kami membuahkan hasil, pagi siang malam kita ngoprek dan bikin Bukalapak, animo masyarakat luar biasa, hingga seperti sekarang ini”

Masa muda adalah masa kritis yang tidak boleh disia-siakan. Ambil semua kesempatan yang ditawarkan. Di sinilah kamu akan tahu apa yang benar-benar ingin dilakukan

Kamu ingin melakukan apa yang sungguh mau dilakoni? Atau hanya ikut sistem yang orang banyak jalani? via bukalapak.com

Share Tweet Pin
“Masa kuliah dan 2 tahun setelah lulus adalah masa mencari pegangan. Di situ kita bisa mencari ke dalam diri kita sendiri, apa sebenarnya passion kita itu”.

“Di momen ini, menurut pengalaman saya, kita harus memaksa diri untuk melakukan banyak hal. Setelah lulus kuliah dan belum menikah semangat yang kita miliki masih tinggi. Kita masih belum punya ekspektasi yang tinggi pada hidup. Kalau gagal ya udah. Nothing to loose. Masa-masa kuliah tidak seharusnya disia-siakan untuk hanya kuliah saja tanpa melakukan apa-apa.”
Saat ditanya apakah Zaky tidak merasa rugi masa kuliahnya hanya diisi dengan setumpuk kegiatan, apakah ia merasa kehilangan kesempatan bersenang-senang Zaky menjawab dengan berkelakar:

“Haha. Tiap hari waktu kuliah dulu saya juga senang-senang. Tapi senang-senangnya beda. Diskusi sama senior itu senang-senang. Ngoprek (Hack) sesuatu itu juga senang-senang kok.”

Achmad Zaky akan menjadi salah satu pembicara di Hipwee Inspirational Summit tanggal 21 November 2015 nanti. Untuk mendapatkan lebih banyak insights darinya, jangan ketinggalan sesi Zaky di Summit ini.

Tiket gratis Hipwee Inspirational Summit bisa kamu dapatkan dengan registrasi di summit.hipwee.com. Yuk daftar sekarang juga, dan sampai bertemu di Jakarta!

#BUKALAPAK#HIPWEE INSPIRATIONAL SUMMIT#MAHASISWA

Rekomendasi

Dengan 6 Gaya Yoga Ini, Hidungmu yang Pesek dan Besar Bisa Tersamarkan dan Terlihat Lebih Mancung

Kenapa Cowok Harus Stop Nonton Bokep dan Cewek Perlu Lebih PD Sama Badannya

10 Cara Sederhana yang Layak Dicoba, Demi Bisa Bangun Tidur dan Tampak Semakin Memesona

Iyuuuuh! 17 Kelakuan Orang Pacaran yang Sebenarnya Bikin Orang Lain Geli

Kenapa Seks Bikin Cewek Jatuh Cinta Tapi (Cuma) Bikin Cowok Ketagihan?

Pasangan Yang Beneran Bahagia Pasti Melakukan Kebiasaan Ini

6 Inspirasi Dekorasi Kost Dengan Tanaman, yang Bikin Kamarmu Terlihat Nyaman

8 Gerakan Muka yang Bisa Kamu Coba, Demi Membuat Pipi Chubbymu Jadi Lebih Tirus
Recommended by

Bersamamu Hidup Jadi Seru Sekali. Tak Sabar Rasanya Bisa Bangun di Sisimu Tiap Hari
Content partner:

Karir Expo 2015

Top 10
TrendingEditor’s pick

CEO Bukalapak: Kesuksesan Bukan Milik Mereka yang Sibuk Pacaran Saja. Di Masa Muda, Kamu Harus Mencoba Semua!

Sebenarnya 8 Hal Ini Bikin Cewek Bahagia. Sayang, Cowok Cuma Sering Kurang Peka….

Sahabat Sejati Bukan Tentang Bertemu Setiap Hari — Melainkan Soal Mendukung dan Saling Mengerti

10 Lagu Kenangan yang Akan Membawa Kamu Kembali Ke Masa Kanak-kanak

Mumpung Masih Muda, Jangan Terjebak di Kantor 8 Jam Per Hari. Pemasukan Ekstra Bisa Kamu Dapat Dari 8 Bisnis Ini!

Bersabar Menunggu Kepulanganmu Sudah Bukan Merupakan Hal yang Tabu

Bersamamu Hidup Jadi Seru Sekali. Tak Sabar Rasanya Bisa Bangun di Sisimu Tiap Hari

Mungkin Bukan Kau yang Salah, tapi Aku yang Terlalu Berharap

12 Gaun Pernikahan yang Bisa Membuatmu Tampil Anggun Dengan Jilbab di Kepala

Ketika Waktu Mengajarimu Setia

AdvertiseContactInspirasiPrivacy PolicyRedaksiTopWork With UsAmbassadorFAQMerchandise
©2015 Hipwee

Advertisements

Orang Minang Selalu Sukses di Rantau, Kalau Gagal, Mungkin karena tak Ikuti 6 Rahasia Ini

Orang Minang Selalu Sukses di Rantau, Kalau Gagal, Mungkin karena tak Ikuti 6 Rahasia Ini
ilustrasi
APAKAH anda pernah menemukan orang minang yang sukses di daerah anda? Mungkin sebagian dari anda pernah menemukannya. Sejak dahulu orang minang memang telah dikenal sebagai perantau yang tangguh, mereka merantau ke seluruh pelosok tanah air bahkan tak sedikit dari mereka yang merantau hingga keluar negeri, kalau ada yang gagal mungkin saja bekalnya kurang dari kampung halamannya.

Banyak yang menganalisa, orang minang punya ”bibit” motivasi dan filsafah yang bagus yang dibawa dari kampung halamannya.

Inilah 6 Rahasia Mengapa Orang Minang Selalu Sukses Di Rantau

Orang Minang yang meninggalkan kampung halaman dan pergi ke daerah orang lain merupakan salah satu proses hijrah untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Ibarat bibit maka harus ada lahan dan beberapa proses untuk bisa tumbuh, nah bagi orang Minang ini sendiri kampung halaman adalah lahan tempat persemaian, untuk menumbuhkan bibit-bibit. Kemudian bibit ini akan ditanam dan dikembangkan di daerah lain agar bisa berkembang lebih besar lagi.

Kebanyakan anak muda dari Minang biasanya merantau ke daerah lain tanpa bekal yang memadai, namun hebatnya mereka bisa bertahan dan beradaptasi dengan cepat bahkan tak jarang ada sebagian dari mereka yang malah menetap di daerah tersebut karena usahanya berjalan lancar dan maju.

Nah, melihat dari banyaknya pengusaha Minang yang sukses di perantauan tentunya menimbulkan pertanyaan di kepala kita, apa sih rahasianya? Jika anda penasaran mari kita simak tulisan dibawah ini mengenai 6 rahasia sukses orang Minang di rantau.

1. Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah

Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah adalah adat yang didasarkan/ditopang oleh syariat agama Islam yang syariat tersebut berdasarkan pula pada Al-Quran dan Hadist. Arti tersirat dari kalimat ini jika diamalkan akan membawa kita kepada kesuksesan dunia akhirat.

Dengan didikan adat dan agama yang telah tertanam sejak kecil maka tak heran apabila orang Minang menjadi masyarakat yang unggul karena setiap perbuatan mereka selalu berpegang teguh pada ajaran al-Quran.

2. Alam Takambang Jadi Guru

Alam takambang jadi guru ini artinya adalah alam yang terbentang jadi guru atau pelajaran. Filosofi ini bermakna bahwa salah satu sumber pendidikan dalam hidup manusia adalah berasal dari fenomena-fenomena alam semesta, karena alam itu bersifat dinamis, tidak statis, sehingga selalu ada kemungkinan untuk terjadi perubahan

Dengan berpegang pada filosofi ini banyak orang minang yang sukses dan berhasil berbisnis diperantauan karena mereka berpikir kreatif. Alam dan pengalaman hidup menjadi guru terbaik bagi kesuksesan orang Minang.

3. Dima Bumi Dipijak Disinan Langik Dijunjuang

Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang didalam bahasa Indonesia berarti dimana bumi dipijak maka di situ langit dijunjung. Terlepas dari pengertian bakunya, kalimat ini mempunyai pesan tersirat yang bermakna bahwa setiap orang Minang wajib menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat dan peraturan setempat.

Nasehat ini juga direfleksikan orang Minang dalam bisnis mereka. Mereka menyesuaikan produk dan dagangannya dengan keadaan serta permintaan client mereka sehingga tak heran apabila banyak orang Minang yang sukses dengan menerapkan filosofi ini.

4. Baraja ka Nan Manang, Mancontoh Ka Nan Sudah

Baraja ka nan manang, mancontoh ka nan sudah adalah sebuah nasehat yang ditanamkan oleh orang tua di masyarakat Minang kepada anak-anak mereka yang mempunyai arti yaitu belajarlah kepada orang-orang yang sukses dan ambil pelajaran dari pengalaman yang sudah-sudah agar tak terjebak dua kali dikesalahan yang sama.

Jika diterapkan dalam bisnis ini artinya mempelajari bagaimana seseorang bisa sukses dan menerapkan kiat-kiat sukses orang yang telah dahulu sukses. Hal ini secara tidak langsung memberikan stimulasi pada otak orang Minang.

5. Indak Ado Rotan Aka Pun Jadi, Indak Kayu Janjang Dikapiang

Indak ado rotan aka pun jadi apabila diartikan didalam bahasa Indonesia mempunyai arti yaitu tidak ada akar rotan pun jadi. Walaupun nampak sepele, namun kalimat ini mempunyai makna yang dalam bagi orang Minang yaitu bisa menjadi motivasi sekaligus semangat pantang menyerah.

FIlosofi ”indak ado rotan aka pun jadi” secara tidak langsung mendidik orang Minang jadi kreatif dan apabila diterapkan didalam bisnis maka nasehat ini mempunyai arti bahwa dalam merintis karir ataupun bisnis tidak selalu memulai dengan modal besar. Hal ini juga sesuai dengan prinsip ekonomi ”Dengan modal sekecil-kecilnya, meraih untung sebesar mungkin”.

6. Takuruang Nak Dilua, Tahimpik Nak Diateh

Takuruang Nak Dilua, Tahimpik Nak Diateh artinya adalah kalau terhimpit mau di atas, kalau terkurung maunya di luar. Kalimat ini mengajarkan pada orang Minang bahwa ketika sedang menghadapi kesulitan atau kegagalan, harus kreatif mengubah kesulitan maupun kegagalan menjadi peluang. Jadi tak heran apabila banyak orang minang yang sukses di perantauan karena mengimplentasikan nasehat ini didalam dunia bisnis. ***

– See more at: http://m.gosumbar.com/berita/umum/kaba-rantau/orang-minang-selalu-sukses-di-rantau-kalau-gagal-mungkin-karena-tak-ikuti-6-rahasia-ini.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook#sthash.aeD8CvT0.dpuf

Hanya Ada Tiga Hari dalam Hidup Ini

HARI KEMARIN…
Kamu tak bisa mengubah apapun yang telah terjadi…
Kamu tak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan…
Kamu tak mungkin lagi menghapus kesalahan dan mengulangi kegembiraan yang kamu rasakan kemarin…

Biarkan hari kemarin lewat; LEPASKAN saja…

 

HARI ESOK…
Hingga mentari terbit esok hari,
Kamu tak tahu apa yang akan terjadi…
Kamu belum bisa melakukan apa-apa untuk esok hari…
Kamu tak mungkin tahu, sedih atau ceria di esok hari…
Karena Esok hari belum tiba BIARKAN saja…

Yang tersisa kini hanyalah
HARI INI…

Pintu masa lalu telah tertutup…
Pintu masa depanpun belum tiba…
Pusatkan saja diri kamu untuk hari ini…
Kamu dapat mengerjakan lebih banyak hal untuk hari ini…
Bila kamu mampu melupakan hari kemarin…
Dan melepaskan ketakutan akan esok hari…

Hiduplah HARI INI…
Karena masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit…

Hiduplah apa adanya…
Karena yang ada hanyalah hari ini…
Perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat…
Meski mereka berlaku buruk pada kamu…

Sayangilah seseorang sepenuh hati hari ini…
Karena mungkin besok, cerita sudah berganti…

TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI DEPOSITO

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang Masalah

……وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا…….

“..Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…”  (QS. Al-Baqarah :275).

Tentunya kita telah sangat paham dengan dalil Qur’an surat al-Baqarah di atas, yang menyatakan bahwa Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Riba sendiri memang cukup lekat dengan kebiasaan masyarakat, menguntungkan salah satu pihak memang, namun merugikan pihak yang lain dalam sebuah transaksi, maka dari itu Allah mengharamkannya. Namun dalam praktiknya, menghindari riba sangat memerlukan kejelian, karena terkadang riba tak tampak secara jelas, atau dengan kata lain, riba yang terselubung. Contoh yang umum untuk riba yang tak tampak  adalah riba yang ditutupi dengan dalih jasa, bunga, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang menjadikan masyarakat bimbang dewasa ini. Dengan mengetahui riba dan hukumnya masyarakat merasa resah, terlebih dengan adanya kontroversi mengenai bunga bank. Beberapa pihak menganggap bunga bank halal, namun ada pihak lain yang menganggap bahwa bunga bank termasuk riba, di sisi lain, jika kita tilik kehidupan masusia saat ini, rasa-rasanya sulit untuk terlepas dengan bank dan jasa di dalamnya.

Secara umum, bank adalah lembaga yang melaksanakan tiga fungsi utama, yaitu menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan memberikan jasa pengiriman uang. Bukan hanya sebagai penyalur dana, akan tetapi fungsi bank juga sebagai lembaga penghimpun dana dari masyarakat, di mana penghimpunan dana tersebut dapat berbentuk giro, tabungan, dan deposito.

Salah satu jasa yang ditawarkan oleh bank adalah deposito.  deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara nasabah dengan bank. Melihat jasa yang ditawarkan bank, dan jaminan keamanan di dalamnya, tentu saja masyarakat sangat tertarik untuk mendepositokan uang mereka. Namun di sisi lain, dengan diketahuinya riba dan hukumnya serta keraguan di dalam bunga bank, menjadikan masyarakat butuh akan solusi.

 

Pokok PermasalahanBagaimanakah hukum deposito menurut Islam?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

Bank di Indonesia

Seperti yang telah dipaparkan dalam pendahuluan, bahwasannya masyarakat, dapat dikatakan sangat bergantung dengan jasa bank, karena ia merupakan salah satu urat nadi perekonomian sebuah negara, tanpa Bank, bisa kita bayangkan bagaimana kita sulitnya menyimpan dan mengirimkan uang, memperoleh tambahan modal usaha atau melakukan transaksi perdagangan Internasional secara efektif dan aman. Namun di sisi lainnya, riba dan kontroversi mengenai bunga bank, menjadikan masyarakat membutuhkan solusi. Solusi yang telah hadir dalam hal ini adalah didirikannya bank syari’ah.

Dapat dikatakan saat ini di Indonesia terdapat Bank Konvensional dan Bank Syari’ah. Tentu saja di antara keduanya terdapat persamaan dan perbedaan. Persamaan dari kedua bank tersebut adalah dalam hal sisi teknis penerimaan uang, persamaan dalam hal mekanisme transfer, teknologi komputer yang digunakan maupun dalam hal syarat-syarat umum untuk mendapat pembiayaan seperti, KTP, NPWP, proposal, laporan keuangan dan sebagainya. Dalam hal persamaan ini semua kegiatan yang dijalankan pada Bank Syariah sama persis dengan yang dijalankan pada Bank Konvensional, dan nyaris tidak ada bedanya.

Selanjutnya, mengenai perbedaannya, yang pertama tentang akad dan legalitas, yang merupakan kunci utama yang membedakan antara bank syariah dan bank konvensional. “innamal a’malu bin niat”, sesungguhnya setiap amalan itu bergantung dari niatnya. Dan dalam hal ini bergantung dari aqadnya. Perbedaannya untuk aqad-aqad yang berlangsung pada bank syariah ini hanya aqad yang halal, seperti bagi hasil, jual beli atau sewa – menyewa. Tidak ada unsur riba’ dalam bank syariah ini, justru menerapkan sistem bagi hasil dari keuntungan jasa atas transaksi riil. Perbedaan selanjutnya yaitu dalam hal struktur organisasi bank. Dalam bank syariah ada keharusan untuk memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) dalam struktur organisasinya. DPS ini bertugas untuk mengawasi operasional bank dan produk-produknya agar sesuai dengan garis-garis syariah, sedangkan bank konvensional tidak. Kemudian perbedaan lainnya adalah pada lingkungan kerja Bank Syariah. Ketika kita memasuki kantor bank syari’ah ada nuansa tersendiri. Nuansa yang diciptakan untuk lebih bernuansa islami. Mulai dari cara berpakaian, beretika dan bertingkahlaku dari para karyawannya. Nuansa yang dirasakan memang berbeda, lebih sejuk dan lebih islami.

Perbedaan utama yang paling mencolok antara Bank Syariah dan Bank Konvensional yakni pembagian keuntungan. Bank Konvensional sepenuhnya menerapkan sistem bunga atau riba. Hal ini karena kontrak yang dilakukan bank sebagai mediator penabung dengan peminjam dilakukan dengan penetapan bunga. Karena nasabah telah mempercayakan dananya, maka bank harus menjamin pengembalian pokok beserta bunganya. Selanjutnya keuntungan bank adalah selisih bunga antara bunga tabungan dengan bunga pinjaman. Jadi para penabung mendapatkan keuntungan dari bunga tanpa keterlibatan langsung dalam usaha. Demikian juga pihak bank tak ikut merasakan untung rugi usaha tersebut.

Bank syariah adalah bank yang menjalankan bisnis perbankan dengan menganut sistem syariah yang berbasis hukum Islam. Inti sitem syariah ini sebenarnya adalah menghindarkan dari riba, karena di Islam semua bentuk riba adalah haram. Bank syariah tidak menerapkan sistem bunga tetapi menerapkan sistem bagi hasil. Perhitungan bagi hasil didasarkan pada mufakat pihak bank bersama nasabah yang menginvestasikan dananya di bank syariah. Besarnya hak nasabah terhadap banknya dalam perhitungan bagi hasil tersebut, di tetapkan dengan sebuah angka ratio atau besaran bagian yang disebut Nisbah.

 

 

 

 

 

Pengertian Deposito

Berdasarkan undang-undang nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan atas undang-undang nomor 7 tahun 1992 tentang perbankkan, yang dimaksud deposito berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan bank yang bersangkutan.[1] Sedangkan yang dimaksud dengan deposito syari’ah adalah deposito yang dijalankan berdasarkan prinsip syari’ah. Dalam hal ini dewan syari’ah nasional MUI telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa deposito yang dibenarkan adalah deposito yang berdasarkan prinsip mudharabah[2].  Menurut BI dalam kodifikasi produk perbankan syariah, disebutkan bahwa deposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara nasabah dengan bank dengan sistem akad yang disebut mudharabah. Mudharabah sendiri berarti akad transaksi penanaman dana dari pemilik dana (shahibul maal) kepada pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha tertentu yang sesuai syariah, dengan pembagian hasil usaha antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah yang telah disepakati sebelumnya.

Misal, A memiliki deposito di bank syariah sebesar Rp 10 juta dengan Nisbah bagi hasil Nasabah : bank = 70 : 30, dan jangka waktu deposito 1 bulan. Maka pada akhir jangka waktu simpanan, bank akan membagi keuntungannya sesuai nisbah dimana 70% didapatkan nasabah, dan 30% didapatkan oleh bank. Dengan demikian bisa di lihat sistem bagi hasil ini lebih adil, karena jika 70:30 ini merupakan prosentase dari keuntungan dana kelolaan bank, maka ketika keuntungan bank kecil, kecil pulalah bagian hasil untuk nasabah, dan ketika keuntungan bank naik maka naik pula bagi hasil untuk nasabah.

Penarikan deposito hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara nasabah pemilik dana (Shahibil Maal) dengan bank (Mudharib) sebagai pengelola dana. Pembagian hasil sesuai dengan nisbah yang telah disepakati bersama, namun bank sebagai mudharib tidak menjamin dana nasabah kecuali diatur lain dalam perundang-undangan yang berlaku.[3]

Saat ini semua simpanan masyarakat di perbankan syariah juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) . Dengan demikian tabungan sampai 2 Milyar akan aman disimpan di Bank syariah sebagaimana disimpan di bank konvensional lainnya.

Dalam kapasitasnya sebagai mudharib, bank syari’ah dapat melakukan berbagai macam usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syari’ah serta mengembangkannya, termasuk melakukan akadmudharabah dengan pihak ketiga. Dengan demikian, bank syari’ah dalam kapasitasnya sebagai mudharibmemiliki sifat sebagai seorang wali amanah (trustee), yakni harus berhati-hati atau bijaksana serta beri’tikad baik dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang timbul akibat kesalahan atau kelalaiannya. Disamping itu, bank syari’ah juga bertindak sebagai kuasa dari usaha bisnis pemilik dana yang diharapkan dapat memperoleh keuntungan seoptimal mungkin tanpa melanggar berbagai aturan syari’ah.

Dari hasil pengelolaan dana mudharabah, bank syari’ah akan membagi hasilkan kepada pemilik dana sesuai dengan nisbah yang telah disepakati dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening. Dalam mengelola dana tersebut bank tidak bertanggungjawab terhadap kerugian yang bukan disebabkan oleh kelalaiannya. Namun, apabila yang terjadi adalah mismanagement (salah urus), bank bertanggung jawab penuh terhadap kerugian tersebut.[4]

 

 

 

Deposito Menurut Pandangan Islam

Ekonomi/perbankkan merupakan kajian muamalah, maka Nabi Muhammad SAW. tentunya tidak memberikan aturan-aturan yang rinci mengenai masalah ini. Al-Qur’an dan As-Sunnah hanya memberikan prinsip-prinsip dan filosofi dasar, dan menegaskan larangan-larangan yang harus dijauhi. Dengan demikian yang harus dilakukan hanyalah mengidentifikasi hal-hal yang dilarang oleh Islam. Selain itu, semua diperbolehkan dan kita dapat melakukan inovasi dan kreatifitas sebanyak mungkin[5].

Dalam hal perbankkan dan produknya, salah satunya yaitu titipan dan deposito, pada dasarnya telah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Sebagai contoh pada saat Nabi SAW dipercaya masyarakat Mekah menerima simpanan harta, sehingga pada saat terakhir sebelum hijrah ke Madinah, Nabi meminta kepada Ali bin Abi Thalib untuk mengembalikan semua titipan tersebut kepada para pemiliknya.

Selain itu, Menabung adalah tindakan yang dianjurkan dalam Islam, karena dengan menabung berarti seorang muslim mempersiapkan diri untuk pelaksanaan masa yang akan datang sekaligus untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagaimana Allah berfirman  dalam surat al-Hasyr ayat 18 sebagai berikut:

١٨. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ 

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S al-Hasyr: 18)

Selain itu Allah berfirman didalam Al-Qur’an surat an-nisaa’ ayat 9 dan al-Baqarah ayat 266:

٩. وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُواْ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافاً خَافُواْ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللّهَ وَلْيَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيداً 

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.(QS. An-Nisa’ : 9).

٢٦٦. أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَن تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِّن نَّخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاء فَأَصَابَهَا إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ لَكُمُ           الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ      

“ Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya”. (QS. Al-Baqarah : 266)

Melalui ayat di atas dapat terlihat bahwa Allah memerintahkan kita untuk bersiap-siap dan mengantisipasi masa depan keturunan, baik secara rohani (iman atau taqwa) maupun secara ekonomi harus difikirkan langkah-langkah perencanaannya, salah satu langkah perencanaannya adalah dengan menabung.[6]

Dalam hadits Nabi SAW banyak disebutkan tentang sikap hemat, Nabi SAW memuji sikap hemat sebagai suatu sikap yang diwarisi oleh para Nabi sebelumnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa bersikap hemat tidak berarti harus kikir dan bakhil. Ada perbedaan besar antara hemat dan kikir atau bakhil.[7]

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

KESIMPULANDeposito adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian antara nasabah penyimpan dengan bank.deposito syari’ah adalah deposito yang dijalankan berdasarkan prinsip syari’ah. Dalam hal ini dewan syari’ah nasional MUI telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa deposito yang dibenarkan adalah deposito yang berdasarkan prinsip mudharabah.Menurut hukum Islam, mengenai deposito diperbolehkan selama tidak bertentangan dengan syari’at Islam atau deposito yang dilaksanakan berdasarkan prinsip syari’ah, mengingat banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi yang menjelaskan mengenai persiapan di hari mendatang, dan kegiatan-kegiatan perbankkan yang sebenarnya telah dilaksanakan pada zaman Rasulullah SAW.

Ciri istri ahli syurga

Ada beberapa nasihat yang bermanfaat dan dapat memberikan hasil yang memuaskan ketika mencari pasangan hidup dengan izin Allah SWT, diantaranya :

1. Pilihlah wanita yang beragama kuat dan berakhlak mulia, karena Rasululllah telah berwasiat kepada kita tentang hal tersebut:

“Wanita dinikahi karena empat perkara: karena kehormatannya, hartanya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilhlah yang mempunyai agama niscaya  kamu akan bahagia,” (HR. Imam Al-Bukhari).

2. Wanita yang mengamalkan agamanya dengan baik akan takut kepada Allah dalam bermuamalah dengan suami dan semua orang yang ada di rumahnya. Ia tidak akan membuat mereka susah dan tidak akan menimbukan masalah.

3. Baik atau buruknya akhlak seorang wanita, sedikit banyak bisa diketahui dengan melihat perilaku ibu, bibi-bibi, dan saudari-saudarinya.

4. Pilihlah wanita yang kecantikannya sedang. Jangan memilih wanita yang sangat cantik, karena ia akan berbangga diri dengan kecantikannya. Jangan pula memilih yang terlalu jelek yang tidak ada tandingannya dengan wanita lain.

5. Utamakan wanita yang cerdas dan pembawaannya tenang. Hal tersebut bisa diketahui dengan memerhatikan caranya bermuamalah terhadap kedua orang tua dan saudaranya.

6. Pilihlah wanita yang sederajat dalam status sosial, agar ia tidak menyombongkan diri dan suaminya tidak terhina gara-gara kesombongan istrunya.

7. Pilihlah wanita yang berwawasan luas dalam beraktivitas

8. Pastikan kesehatannya, terhindar dari berbagai penyakit dan kekurangan sedapat mungkin.

9. Pilihlah wanita yang sederhana dalam permintaan dan tuntutannya. Jauhilah wanita boros, senang hidup galmour, dan suka mengkhayal.

10. Carilah wanita yang terlatih dan terbiasa bekerja di dalam keluarganya, karena hal iu akan sangat dibutuhkan kelak setelah berumah tangga.